Kecoa

kecoak

Kecoa adalah insekta dari ordo Blattodea yang kurang lebih terdiri dari 3.500 spesies dalam 6 familia. Kecoa terdapat hampir di seluruh belahan bumi, kecuali di wilayah kutub.
Kecoa juga termasuk hewan purba. Banyak ahli yang mengatakan bahwa kecoa telah hidup di bumi 300 juta tahun yang lalu. Keberadaan kecoa sejak jaman purba itu dibuktikan dengan temuan fosil. Fosil kecoa yang tertua diidentifikasi dari periode Carboniferous diakhir periode Devonian sekitar 354-295 juta tahun lalu. Walau pun bentuk kecoa purba ini lebih mirip belalang. Seandainya itu tidak cukup kuat, maka ada lagi fosil kecoa yang mirip dengan bentuk kecoa modern. Berdasarkan uji umur, fosil ini diperkirakan dari masa awal Cretaceous (sekitar 145-4 juta tahun lalu).
Di antara spesies yang paling terkenal adalah kecoa Amerika, Periplaneta americana, yang memiliki panjang 3 cm, kecoa Jerman, Blattella germanica, dengan panjang ±1½ cm, dan kecoa Asia, Blattella asahinai, dengan panjang juga sekitar 1½ cm. Kecoa sering dianggap sebagai hama dalam bangunan, walaupun hanya sedikit dari ribuan spesies kecoa yang termasuk dalam kategori ini.
Kecoa adalah makhluk omnivora seperti manusia.mereka memakan sesuatu yg telah mati atau benda benda yang tidak bergerak yang kebanyakan adalah bahan bahan organik.makanan favoritnya adalah buah dan sayuran yg telah membusuk.Habitat kecoa
Kecoa sering kali ditemukan di tempat tempat kotor dan jorok. Tempat tempat tersebutlah yang paling di sukai oleh kecoa.
Kecoa lebih suka tinggal di daerah tropis. Karena kecoa suka dengan keadaan udara yang lembab. Tetapi di daerah sub tropis pun kecoa banyak di temukanDaur Hidup Kecoa
Kecoa mengalami metamorfosis tidak sempurna. Karena kecoa hanya mengalami 3 stedium yaitu telur, nimfa, dan dewasa. Untuk menyelesaikan siklus hidupnya kecoa membutuhkan waktu kurang lebih 7 bulan. Sedangkan kecoa bias hidup selama kurang lebih 1 tahun.
Kecoa memulai hidup nya dalam bentuk telur. Telur telur kecoa berada dalam satu kapsul atau bisa di sebut ootheca. Dalam kapsul tersebut biasanya berisi 30-40 telur. Telur-telur tersebut biasanya di simpan di tempat yang tersembunyi sampai menetas. Tetapi ada juga kecoa yang kapsul telurnya menempel di abodemen induknya. Telur kecoa menetas dalam waktu 30-40 hari.
Sebuah kapsul telur yang telah dibuahi oleh kecoa jantan akan menghasilkan nimfa. Nimfa hidup bebas dan bergerak aktif. Nimfa yang baru keluar dari kapsul telur biasanya berwarna putih. Seiring bertambahnya umur, warna ini akan berubah menjadi cokelat. Seekor nimfa akan mengalami pergantian kulit beberapa kali sampai dia menjadi dewasa. Lamanya stadium nimfa ini berkisar 5-6 bulan.
Stadium dewasa ditandai dengan adanya satap pada punggung kecoa. Sayap ini memudahkan kecoa untuk bergerak dan berpindah tempat .Struktur Tubuh Kecoa
Secara fisik, serangga ini memiliki bentuk tubuh berbentuk oval dan pipih (dorso ventral). Tubuhnya tersusun atas tiga bagian yakni kepala, thoraks, dan abdomen (perut). Pada bagian kepala terdapat sepasang antena, sepasang mata majemuk, dan satu mata tunggal. Seperti serangga lain, kecoa memiliki tiga pasang kaki. Tubuhnya berwarna cokelat mengkilat. Sekilas tak nampak seperti hewan menjijikkan.

Comments are closed.